Lab 3.4.1 Preparing for a Site Survey

Step 1: Clarify and document the purpose of the site visit
a. List and discuss reasons for conducting a site visit.
b. List the FilmCompany personnel who are most likely to be able to answer your questions and whom
you would need to talk to on site.
•Teknis jaringan & infrastruktur informasi – administrator IT & jaringan
• Sistem administrator
• Pengguna akhir – Dukungan desktop
• Kebutuhan masa depan – Manajemen dan pengguna akhir
• Untuk organisasi kecil beberapa peran mungkin digabungkan
 c. Examine the existing network topology diagram at the end of this lab. List points that you want to
confirm and those that need clarification.
• Konfirmasi penggunaan port switch sebenarnya
• Interkoneksi perangkat
• VLAN topologi dan alokasi alamat
d. Use word processing software to create a site visit plan.

Step 2: Prepare a list of tools and equipment
a. List the tools and equipment that you need to take to the site.
  • Pen dan notepad atau PDA
  • Voice memo recorder
  • Flashlight
  • Clothing / coveralls (may need to access ceiling space)
  • Portable stepladder (to inspect ceiling space, wireless Access Point installation); will a stepladder be available on site?
  • Tape measure
b. List the documentation, instrumentation, and software you need to take to the site. 
• Copy persetujuan kunjungan
• Jaringan lalu lintas / pemantauan kinerja perangkat lunak dan alat uji (tidak untuk diinstal dan digunakan kecuali disetujui oleh pelanggan)
• LAN nirkabel sinyal radio pemantauan dan analisis instrumen  
c. Add this list to the site visit plan.

Step 3: Arrange an appointment to visit the site Role-play and discussion:
A site visit to FilmCompany must not disrupt the operation of the business and its network. Arrangements
must be made to set a convenient visit time and duration. Access to the premises and to the required
appropriate people must be organized.
a. Network designer role: Develop a list of questions and requests to ask when telephoning
FilmCompany to arrange the site visit.
• Alamat dan akses ke tempat: parkir pengunjung atau angkutan umum?
• Tanggal dan waktu?
• Aturan kedatangan: mendaftar di resepsi atau meja keamanan, lencana pengunjung?
• Jika akses ke lokasi yang tinggi diperlukan, adalah tangga yang tersedia?
• Apa persetujuan yang diperlukan untuk mengakses dan mengukur lalu lintas jaringan atau kinerja?  
b. Customer role: Develop a list of requirements relating to a proposed site visit by the network designer
that the on-site technician can follow to ensure seamless interaction.
• Waktu terbaik untuk melakukan kunjungan
• Siapa yang akan tersedia untuk bertemu dengan perancang jaringan?
• Siapa yang harus memenuhi perancang jaringan?
• Siapa yang akan menjadi tuan rumah / guide kunjungan?
• Apa daerah mungkin telah membatasi akses baik untuk alasan fisik dan operasional?
• Apakah staf lain akan diberi tahu tentang kunjungan dan tujuannya?
• Apa isu-isu keselamatan harus dipenuhi?
c. Using the information recorded above, the student performing the network designer role simulates a
telephone conversation with the student performing the customer role, to arrange a site visit that meets the requirements of both roles.
d. Record the agreed-upon terms and details of the visit.
e. Add the agreed-upon details to the site visit plan.

Step 4: Approach to site visit
a. List points and issues that the network designer should follow while actually conducting the site visit.
b. Discuss the most commonly chosen answers and the least commonly chosen answers
Persiapan:• Memakai atau membawa kredensial perusahaan.
• Bawalah peralatan yang memadai dengan membuat daftar standar untuk memastikan bahwa semua bahan yang diperlukan dimasukkan.
Di Situs:
• Datanglah tepat waktu
• Periksa dengan staf yang tepat pada saat masuk ke stadion.
• Tanamkan rasa percaya diri pada pelanggan dengan bekerja cepat dan professional
• Ajukan pertanyaan dengan jelas dan tepat, memungkinkan untuk penjelasan dan tindak lanjut; penggunaan yang tepat mempertanyakan teknik untuk memperoleh informasi yang relevan
• Jawablah pertanyaan pelanggan dengan sopan dan selengkap mungkin.
• Tuliskan pertanyaan yang harus dijawab oleh anggota staf lain.
• Memberikan saran kepada pelanggan prosedur survei.
• Laporan kembali ke staf pelanggan sebelum meninggalkan tempat untuk menginformasikan mereka tentang berhasil tidaknya menyelesaikan survei.
Pedoman keselamatan:
• Ikuti petunjuk keselamatan yang direkomendasikan untuk memastikan pengoperasian yang tepat dan penggunaan yang aman dari perangkat nirkabel.
• Memperoleh persetujuan pelanggan sebelum menyentuh atau memasang perangkat untuk setiap jaringan yang ada peralatannya.

Step 5: Reflection
Arranging a visit to a customer site to inspect their network and associated facilities can have many aspects. The data network of an organization is a vital part of their operations. Gaining access to inspect and record details of that network may require more detailed arrangements than this lab presents. Consider and discuss the arrangements required to visit to a high-security area such as government, aviation, or military location.
• Mengatur kredensial identifikasi yang tepat dan diakui dan izin.
• Membuat tujuan kunjungan situs yang sangat jelas sehingga akses ke daerah yang relevan dapat diselenggarakan di sebelum kunjungan. Mendapatkan akses ke daerah-daerah lainnya ketika pada situs mungkin tidak dapat dilakukan tanpa persetujuan terlebih dahulu.
• Memperjelas dan mengikuti protokol pengunjung: pendaftaran pada saat kedatangan, tinggal dalam batas wewenang.
• Mengetahui identitas resmi Anda untuk bertemu.
• Penandatanganan dan mematuhi Perjanjian Non-Disclosure, dan keamanan lainnya dan protokol bisnis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lab 5.2.3 Configuring RIPv2 with VLSM, and Default Route Propagation

Lab 4.5.5 Testing UTP Cables

Lab 4.2.5.5 Calculating a VLSM Addressing Scheme