Belajar React Native, lesson 1

   Halo lagi, dan kali ini saya mengusung tema React, React adalah sebuah library open source yang dibuat oleh Facebook. Sedangkan React Native merupakan sebuah framework yang memungkinkan kita, developer, membuat aplikasi Android dan iOS menggunakan JavaScript.

 Ia menggunakan konsep yang sama seperti React untuk membangun User Interface mobile. nah kali ini kita bahas React Native menggunakan MAC, sebenarnya pada website React Native itu sudah lengkap tutorial bagaimana memulai belajarnya, teman teman dapat melihat disini . Tetapi disini saya berusaha mengenalkan dengan bahasa saya yang semoga bisa dengan mudah di pahami ya, oke langsung ke masalahnya, untuk teman teman yang pertama kali "ngoding" menggunakan mac, teman teman disini mesti menginstal dulu yang nama BREW, Brew ini memudahkan kita dalam mengelola dan menginstall package pada mac, teman teman dapat membuka web nya disini , lakukan penginstallan lewat terminal. bagian ini teman teman tinggal mengkopi perintah yang ada pada website Brew. setelah selesai menginstall, mari kita buka website reactive yang tadi, nah lakukan kopi paste script berikut :


brew install node

brew install watchman
node di butuhkan dalam React Native karena kita akan bermain dengan javascript, kemudian watchman berguna untuk mengontrol jika ada perubahan pada file system codingan kita, watchman juga buatan facebook loh. setelah selesai menginstall node dan watchman, kemudian kita harus menginstall yang namanya react cli,  dengan cara :
npm install -g react-native-cli
Jika ada yang eror "Cannot find module 'npmlog', coba lakukan installing npm directly: curl -0 -L https://npmjs.org/install.sh | sudo sh
Jika semua sudah selesai, selanjutnya tools yang utama dan sangat di butuhkan dalam programming adalah X-Code, silahkan teman teman buka app store dan cari X-Code, silahkan di install. Setelah selesai menginstall maka semua tools yang kita butuhkan sudah mulai lengkap untuk membuat sebuah program dasar IOS.

TESTING


kali ini kita akan mencoba semua tools yang kita install tadi, apakah berjalan lancar atau tidak, kita akan membuat sebuah project dasar dengan cara, buka terminal dan ketikkan code di bawah ini :

react-native init AwesomeProject cd AwesomeProject reactcd AwesomeProjectreact-native run-ios
tunggu beberapa saat, jika tidak ada masalah akan muncul IOS simulator dengan judul project Awesome Project. nah disana kita sudah berhasil membuat sebuah program sederhana yang jalan di IOS menggunakan react native. setelah itu silahkan buka X-Code, silahkan di edit aplikasi pertama ini.
  • buka index.ios.js menggunakan X-Codein . 
  • Tekan Command⌘ + R pada iOS Simulator untuk reload app 
sekian dulu untuk kali pertama ini, kita akan melanjutkan dengan lesson kedua,

Postingan populer dari blog ini

Teknik Komunikasi I/O

cara mengupdate firefox di UBUNTU 10.04 LTS