cara membuat timer pada flash

Timer yang akan kita buat di bawah ini dapat anda gunakan pada sebuah game yang terdapat waktunya. Tutorial di bawah ini hanya memuat bagaimana membuat timernya saja. Jika anda ingin membuat player menang setelah waktu menunjukan 0 misalnya, anda dapat menambahkan sendiri scriptnya. Ada 2 jenis timer yang, bertambah dan timer yang berkurang.
Bertambah
1. Buatlah 3 buah dynamic text dengan masing-masing var second, minute, hour
2. Buatlah 2 buah static text dengan masing masing diberi tanda :
3. Tata objek-objek yang ada hingga seperti  _:_:_

4. Klik frame 1 dan tekan F9 pada kotak dialog yang muncul masukkan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
fps = 0;
detik = 0;
menit = 0;
jam = 0;
onEnterFrame = function () {
 //menambahkan angka 0 pada second jika detik kurang dari 10
 if (detik<10) {
  second = "0"+detik;
 } else {
  second = detik;
 }
 //menambahkan angka 0 pada minute jika menit kurang dari 10
 if (menit<10) {
  minute = "0"+menit;
 } else {
  minute = menit;
 }
 //menambahkan angka 0 pada hour jika jam kurang dari 10
 if (jam<10) {
  hour = "0"+jam;
 } else {
  hour = jam;
 }
 //fps ditambah 1 secara terus menerus
 fps++;
 //jika fps sama dengan 20
 if (fps == 20) {
  //fps menjadi 0
  fps = 0;
  //detik ditambah 1
  detik += 1;
 }
 //jika detik sama dengan 60
 if (detik == 60) {
  //detik menjadi 0
  detik = 0;
  //menit ditambah 1
  menit += 1;
 }
 //jika menit sama dengan 60
 if (menit == 60) {
  //menit menjadi 0
  menit = 0;
  //jam ditambah 1
  jam += 1;
 }
};
5. Pada script di atas tertulis  if (fps == 20) {. Angka yeng terdapat pada tulisan tersebut ditulis berdasarkan frame rate pada stage. Jadi misalnya anda menggunakan frame rate 12 maka anda mengganti tulisannya menjadi seperti ini : if (fps == 12) {. Untuk mengubah frame rate stage berikut caranya: Pastikan anda tidak menyeleksi satu objek pun di stage lalu buka panel properties dengan menekan Ctrl+F3 pada keyboard. Kemudian ubah nilai Frame Rate di panel properties tersebut.
6. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

untuk membuat yang countdown timer
1. Untuk membuat timer yang berkurang anda cukup mengubah script di atas dengan script di bawah ini:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
fps = 0;
//silahkan tentukan nilai detik, menit, dan jam seseuai keinginan
detik = 60;
menit = 0;
jam = 2;
onEnterFrame = function () {
 //menambahkan angka 0 pada second jika detik kurang dari 10
 if (detik&lt;10) {
  second = "0"+detik;
 } else {
  second = detik;
 }
 //menambahkan angka 0 pada minute jika menit kurang dari 10
 if (menit&lt;10) {
  minute = "0"+menit;
 } else {
  minute = menit;
 }
 //menambahkan angka 0 pada hour jika jam kurang dari 10
 if (jam&lt;10) {
  hour = "0"+jam;
 } else {
  hour = jam;
 }
 //fps ditambah 1 secara terus menerus
 fps++;
 //jika fps sama dengan 20
 if (fps == 20) {
  //fps menjadi 0
  fps = 0;
  //detik dikurangi 1
  detik -= 1;
 }
 //jika detik sama dengan 0
 if (detik == 0) {
  //detik menjadi 59
  detik = 59;
  //menit dikurangi 1
  menit -= 1;
 }
 //jika menit sama dengan 0
 if (menit == 0) {
  //menit menjadi 59
  menit = 59;
  //jam dikurangi 1
  jam -= 1;
 }
};
2. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lab 4.2.5.5 Calculating a VLSM Addressing Scheme

Lab 7.3.3 Configuring and Testing the Rapid Spanning Tree Prototype

Lab 5.2.3 Configuring RIPv2 with VLSM, and Default Route Propagation