Metode Penelitian 13 sept 2012

       wah sudah lama saya tidak menulis di blog ini, tidak terasa sekarang saya sudah menjalani perkuliahan di jenjang yang berbeda. sekarang sedang menyelesaikan studi S2 saya dan masih di UNP (Universitas Negeri Padang). Sedikit lega kemari tapi sekarang kembali berjuang lagi, saya tetap mengambil konsentrasi Teknik Informatika, dan lagi-lagi saya berada dilingkungan "Pendidikan". Memang membuat saya sedikit Frustasi karena banyak mata kuliah yang terbilang sangat sulit untuk dicintai. Salah satunya saja metode penelitian, waduh..waduh... mata kuliah yang pernah saya ikuti pada jenjang S1 dulu, dan tetap tidak saya senangi. saya nggak punya alasan tertentu, entah kenapa saya nggak betah belajar hal ini. Tapi yang namanya hidup mesti dijalani dengan menikmatinya, yaaa.... mari kita mulai dengan perkuliahan Metode penelitian hari ini :

Latar Belakang Masalah :
  • Latar belakang masalah berisikan apa yang mendorong peneliti berdasarkan pegamatan awal (grand tour) ke lapangan yang berbeda dari yang diinginkan/diharapkan terjadi atau yang sebenarnya terjadi
  • Latar belakang penelitian hendaknya dapat diuraikan dengan argumentasi yang kuat bahwa masalah yang dipilih penting untuk diteliti.
 Sumber Masalah :
  1. Observasi kejadian sehari hari
  2. Penelitian sebelumnya yang menimbulkan Pertanyaan :
  3. ada gap dari pengetahuan yang menimbulkan :
  4. Hasil penemuan fakta yang saling berhubungan
  5. Theoritical Predictions
  6. Kemajuan teknologi berakibat penelitian problem lama dengan cara baru
3.Timbul pertanyaan "why"
ada suatu perilaku tertentu dari stimulus
tingkah laku yang berhubungan dengan tingkah laku lain
2.adanya kesenjangan dari hasil penelitian
hasil penelitian saling bertentangan
Fakta tampil dalam bentuk yang kurang jelas

 Masalah dan fokus penelitian :
  • masalah diidentifikasi dan dirumuskan secara jelas sehingga diperoleh fokus penelitian namun tidak perlu dirumuskan dalam definis operasional, supaya peneliti dapat menemukan suatu yang baru atau yang benar2 layak diangkat menjadi penelitian dapat memberi sumbangan.
  • Setelah mendalami masalah penelitian maka fenomena yang ada didalamnya dapat dipahami secara mendalam kemudian peneliti menetapkan fokus atau dimana penelitian di pusatkan tanpa melupakan keterkaitan faktor-faktor yang diteliti.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
  • Tujuan sejalan dengan alasan mengapa penelitian dilakukan.Manfaat penelitian menjelaskan apa gunanya temuan dan hasil penelitian.
Kajian Pustaka
  • Berisi pendapat, ketentuan dan teori-teori yang dimuatkan dalam tulisan, temuan-temuan yang dihasilkan para ahli yang ada hubungannya dengan maslah yang diteliti. bagian ini tidak perlu memuat istilah-istilah yang digunakan dalam penelitian.
Metode Penelitian
  • Lokasi Penelitian >>> bagian ini berisikan uraian geografis tempat penelitian
  • Informan Dan Informasi Data Penelitian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lab 4.2.5.5 Calculating a VLSM Addressing Scheme

Lab 7.3.3 Configuring and Testing the Rapid Spanning Tree Prototype

Lab 5.2.3 Configuring RIPv2 with VLSM, and Default Route Propagation